Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teks Rekon (Pengertian, Tujuan, Struktur, Contoh)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog Artikel & Materi . Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan Artikel tentang tentang Teks Rekon meliputi Pengertian, Tujuan, Struktur, dan Contohnya

Teks Rekon (Cerita Ulang)

 
Pengertian Teks Rekon


Teks rekon adalah teks yang menceritakan kembali pengalaman masa lalu secara kronologis dengan tujuan untuk memberi informasi, atau menghibur pembacanya, atau bisa keduanya.

Cerita ulang terdiri atas tiga jenis, yaitu rekon pribadi, rekon faktual (informasional), dan rekon imajinatif.
  1. Rekon pribadi adalah cerita ulang yang memuat kejadian di mana penulisnya terlibat secara langsung.
  2. Rekon faktual (informasional) adalah cerita ulang yang memuat kejadian faktual seperti eksperimen ilmiah, laporan polisi, dan lain-lain.
  3. Rekon imajinatif adalah cerita ulang yang memuat cerita imajinatif dengan lebih detil.

Tujuan Teks Rekon

Untuk menceritakan kejadian atau serangkaian kejadian yang terjadi di masa lampau,

Struktur Generik Teks Rekon :
  1. Orientasi
  2. Kejadian (-kejadian)
  3. Reorientasi
Fitur Bahasa yang Dominan:
  1. Penggunaan keterangan waktu definit; kemarin, lusa, tahun lalu
  2. Penggunaan partisipan personal; saya, kami, regu saya, dst
  3. Penggunaan konektor kronologis seperti; pertama, kemudian, dst
  4. Penggunaan kata kerja aksi
  5. Penggunaan kata sifat
Contoh Teks Rekon : 

GEMPA BUMI

Saya akan menceritakan pengalaman saya yang terjadi minggu kemarin yang berhubungan dengan gempa bumi. Ketika gempa bumi terjadi, saya sedang mengendarai mobil. Waktu itu saya berada dalam perjalanan pulang dari Bali.

Tiba-tiba saya merasakan adanya hentakan keras pada mobil saya. Saya pikir waktu itu ban mobil saya meletus. Saya tidak sadar jika saat itu sedang terjadi gempa bumi. Saya baru sadar ketika saya melihat tiang listrik dan telepon yang ada di kanan kiri saya ambruk, berjatuhan seperti batang korek api yang ringan. Saya juga melihat batu-batu besar berserakan di sepanjang jalan. Mobil saya terperangkap di tengah batu-batu yang berserakan tersebut. Saya tidak bisa menggeser mobil saya ke depan maupun ke belakang karena batu-batu tersebut merintangi jalan saya. Sepertinya tidak ada satupun yang dapat saya lakukan untuk meneruskan perjalanan. Karena putus asa, saya tinggalkan mobil saya dan memilih berjalan kaki menuju rumah.

Sesampainya di kampung halaman saya, saya terkejut karena tidak ada satupun yang tersisa. Semuanya rata dengan tanah. Gempa bumi tersebut ternyata membuat kerusakan yang demikian besar pada kampung saya. Meskipun demikian, saya bersyiukur karena tidak ada satupun keluarga maupun warga kampung saya yang terluka serius.



Demikian artikel tentang Teks Rekon (Pengertian, Tujuan, Struktur, dan Contohnya) yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat menambah referensi.

Posting Komentar untuk "Teks Rekon (Pengertian, Tujuan, Struktur, Contoh)"