Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Laporan Perjalanan (Pengertian dan Contohnya)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog Artikel & Materi . Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan artikel tentang Pengertian Laporan Perjalanan beserta Contohnya (Bahasa Indonesia). Silakan disimak....  

Pengertian Laporan Perjalanan dan Contohnya
 
A. Pengertian Laporan Perjalanan

Laporan Perjalanan adalah laporan yang berisi kegiatan seseorang dalam melakukan  perjalanan ke suatu tempat yang didasarkan pada pengamatan, pengalaman, dan observasi langsung terhadap tempat yang dikunjungi.

Laporan perjalanan dapat berisi persiapan sebelum perjalanan dilakukan, kegiatan selama perjalanan berlangsung, serta tujuan yang didapat setelah perjalanan berlangsung. 

Menurut medianya laporan perjalanan dapat dibedakan menjadi laporan lisan dan laporan tertulis. Laporan perjalanan dapat berupa surat, formulir, artikel, buku.

B. Contoh Laporan Perjalanan  

LAPORAN PERJALANAN KARYA WISATA

Bab 1. Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Kegiatan study tour yang telah dilaksanakan ini merupakan agenda tahunan yang diadakan di Sekolah SMAN 1 Suka Maju. Kegiatan ini dilaksanakan untuk membuka wawasan seluruh siswa – siswa sekolah. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempelajari hal – hal baru, seperti tempat – tempat bersejarah, tempat penting, dan sebagai studi banding di sekolah lain.

Kegiatan perjalanan tahun ini dilaksanakan selama 4 hari, yaitu pada tanggal 1 hingga 5 Mei 2015, dengan mengunjungi Kota Yogyakarta dan Bandung.

Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis menyusun laporan kegiatan perjalanan wisata ini sebagai laporan tentang hal – hal yang telah didapat selama mengikuti kegiatan ini. Selain itu dengan laporan kegiatan wisata ini, penulis dapat membagikan pengalaman – pengalaman dan ilmu yang telah didapatkan selama mengikuti kegiatan tersebut.

1.2 Tujuan

Tujuan penyusunan kegiatan laporan perjalanan ini adalah :
1. Melaporkan dan mendeskripsikan tempat – tempat wisata yang telah dikunjungi.
2. Melaporkan hal – hal yang telah didapatkan selama mengikuti kegiatan ini.
Bab 2. Isi Laporan

2.1 Laporan Perjalanan

Pada tanggal 1 Mei 2015, seluruh siswa – siswi mengikuti pembekalan terakhir sebelum keberangkatan yang dilaksanakan pada pukul 09. 00 wib. Pembekalan itu diisi oleh kepala sekolah yang menyampaikan hal – hal yang harus dilakukan dan pesan – pesan kepada siswa – siswi yang akan berangkat.

Pada pukul 15. 00 rombongan dipersilakan memasuki bus masing – masing yang telah ditentukan. Ada sekitar 2 Bus besar yang menampung 80 siswa dan 4 orang guru sebagai pendamping. Setelah, semua hal teknis selesai, bus berangkat menuju pelabuhan merak pada pukul 18. 00 wib.

Pukul 20. 00 wib, bus menaiki kapal feri untuk menyeberang ke pulau Jawa. Di dalam kapal feri, seluruh siswa memasuki kelas 2 untuk beristirahat. Setelah 3 jam perjalanan dari pelabuhan Bakauheni ke Merak, rombongan tiba di Banten pada pukul 23. 00. Setelah itu, bus melanjutkan perjalanannya menuju Bandung sebagai tujuan pertama. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 6 jam perjalanan, sehingga rombongan tiba di Bandung pada pukul 05. 00 wib. Rombongan menuju Islamic center untuk melaksanakan solat, membersihkan diri, dan sholat.

Setelah itu, rombongan melanjutkan perjalanan ke Universitas Padjajaran. Di Unpad, rombongan disambut dengan hangat oleh pihak kampus, lalu dilanjutkan mengikuti acara yang telah dipersiapkan oleh pihak Unpad.  Setelah menyelesaikan kunjungan pertamanya, rombongan menuju Trans Studio Bandung pada pukul 13. 00. Di sana rombongan diberikan waktu selama 3 jam untuk mengelilingi Trans Studio Bandung.
Pada pukul 16. 00 rombongan dibawa menuju Cibaduyut untuk membeli oleh – oleh khas Bandung. Setelah selesai, rombongan kembali melanjutkan perjalanannya menuju kota Yogyakarta dan tiba di sana pada pukul 20. 00 wib. Karena hari telah malam, rombongan menuju hotel untuk menginap.

Keesokan harinya, rombongan bersiap untuk melanjutkan perjalanan ke tempat – tempat wisata yang ada di Yogyakarta, seperti Taman Pintar, Candi Prambanan, Keraton Yogyakarta, dan Jalan – jalan di Malioboro pada malam harinya. Setelah itu, rombongan beristirahat di hotel yang sama. 

Hari berikutnya, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Universitas Ahmad Dahlan pada pukul 09. 00 hingga pukul 14. 00. Di sana rombongan mengikuti acara yang telah dipersiapkan oleh pihak kampus. Setelah itu, rombongan menuju Rumah Bakpia, yaitu tempat membeli bakpia sebagai oleh – oleh pulang.
Pada pukul 16. 00 rombongan kembali pulang ke Bandar Lampung. Kemudian, tiba di sekolah pada pukul 07. 00 wib.  Selama perjalanan wisata ini, semua hal aman dan terkendali.  

2.2 Objek yang Dikunjungi

Objek - objek yang dikunjungi pada perjalanan wisata kali ini beraneka ragam, baik merupakan tempat wisata pendidikan, sejarah, maupun hiburan. Di bawah ini adalah deskripsi objek - objek wisata yang dikunjungi selama perjalanan wisata.

2.2.1 Universitas Padjajaran

Universitas Padjajaran adalah sebuah perguruan tinggi yang cukup terkenal di Jawa Barat. Universitas ini terletak di kota Bandung, Jawa Barat. Universitas ini didirikan pada tanggal 11 September 1957.

2.2.2 Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung adalah salah satu wahana permainan indoor yang terbesar di Indonesia. Di dalam wahana ini banyak sekali permainan – permainan baik permainan yang menghibur maupun permainan yang mendidik. Selain itu, di dalam studio ini sering diadakan parade.

2.2.3 Cibaduyut

Cibaduyut adalah sentra Industri sepatu terbesar yang ada di Bandung. Tempat wisata belanja ini menawarkan produk – produk buatan Indonesia. Selain itu, tempat wisata belanja ini terkenal dengan harganya yang sangat murah.

2.2.4 Taman Pintar

Taman Pintar adalah taman umum yang ada di kota Jogjakarta. Disebut dengan taman pintar karena di taman ini banyak sekali permainan – permainan yang mengedukasi masyarakat.

2.2.5 Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar yang ada di Indonesia. Candi ini dibangun pada tahun 850 M. Komplek ini memiliki beberapa bangunan candi yang masih utuh yang tingginya menjulang hingga 47 meter.

2.2.6 Keraton Jogjakarta

Keraton Jogjakarta atau Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah istana resmi kesultanan Jogjakarta yang didirikan pada tanggal 1756 oleh Sultan Hamengkubuwono I. Kini istana tersebut ditempati oleh Sultan Hamengkubuwono IX dan keluarganya.

2.2.7 Malioboro

Malioboro adalah tempat wisata belanja yang terkenal di Indonesia. Tempat ini menjual berbagai macam barang khas Jogja, seperti bati, dan lain – lain. Tempat wisata ini buka setiap hari, tetapi akan sangat ramai pada malam hari karena banyak para pemuda yang mengunjunginya.

2.2.8 Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan adalah perguruan tinggi swasta di Yogyakarta, Indonesia. Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengembangkan bidang keahlian atau program studi-program studi dalam bidang teknologi, sosial dan humaniora.

2.2.9 Rumah Bakpia

Rumah Bakpia adalah pusat tempat pembuatan Bakpia, yaitu makanan khas kota Jogjakarta. Tempat ini wajib dikunjungi jika berkunjung ke Jogjakarta karena merupakan asli tempat produksinya dan juga harganya sangat murah.

Bab 3. Penutup

3. 1 Kesimpulan

Berdasarkan pengalaman yang didapat dari perjalanan wisata ini, dapat disimpulkan Indonesia memiliki banyak tempat wisata yang patut dikunjungi, khususnya kota Bandung dan Jogjakarta. Selain memiliki tempat wisata sebagai hiburan, kota ini juga memiliki tempat – tempat wisata, pendidikan, dan bersejarah.

3.2 Saran

Karya wisata ini sangat baik untuk dilaksanakan karena memiliki manfaat yang cukup banyak. Oleh karena itu, kegiatan ini sebaiknya terus diadakan dengan mengunjungi tempat – tempat lain yang ada di Indonesia. 

Sumber :
https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20120812052023AAbiQOA
http://www.kelasindonesia.com/2015/06/contoh-laporan-perjalanan-wisata-terbaik.html

Demikian artikel tentang Pengertian Laporan Perjalanan beserta Contohnya (Bahasa Indonesia). Semoga bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Laporan Perjalanan (Pengertian dan Contohnya)"