Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tulang Keras (Artikel Lengkap)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog Artikel & Materi . Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan artikel lengkap tentang Tulang Keras meliputi Pengertian, Pembentukan Tulang Keras, Ciri-ciri, Fungsi, Macam-macam dan Contoh Tulang Keras. Berikut artikel selengkapnya...

TULANG KERAS / OESTOEN

tulang keras (Pengertian, pembentukan, fungsi, ciri, macam-macam)

1. Pengertian Tulang Keras/ Oestoen

Tulang Keras (osteon) ialah  tulang yang bersifat kaku dan juga keras yang tersusun atas zat kapur dan juga fosfor. Tulang keras disebut juga dengan tulang sejati ialah sebagai alat gerak pasif yang berarti alat gerak yang dapat bergerak apabila digerakkan oleh otot.

2. Pembentukan Tulang Keras (Osteon),

Tulang Keras tersebut dapat terbentuk tulang keras asal usulnya ialah berasal dari Tulang Rawan (Kartilago) yang mempunyai rongga yang pada nantinya  akan diisi dengan sel-sel pembentuk tulang atau juga osteoblas. Osteoblas tersebut kemudian akan membentuk sel-sel tulang atau juga osteosit yang mana  satuan osteosit tersebut akan melingkari pembuluh darah setelah itu sistem saraf membentuk suatu sistem havers matriks yang mengandung suatu zat kapur dan juga fosfor sehingga tulang tersebut menjadi keras serta juga membentuk tulang keras (Osteon).

3. Macam-Macam dan Contoh Tulang Keras

Tulang Keras tersebut dibedakan menjadi 2 jenis atau macam dengan berdasarkan matriknya tersebut yakni tulang kompak dan juga tulang spons, untuk lebih jelasnya dapat dilihat penjelasannya dibawah ini :
  • Tulang Kompak
Tulang kompak ialah tulang yang matriksnya tersebut tersusun rapat dan juga padat yang mengandung suatu zat kapur serta juga fosfor. Tulang kompak tersebut pada sel-sel tulangnya (osteosit) itu tersusun dan membentuk suatu sistem havers.
Contoh : tulang lengan atas,tulang hasta,tulang pengumpil,tulang telapak tangan,tulang ruas jari tangan,tulang selangka,tulang paha,tulang kering,tulang betis,tulang telapak kaki,dan tulang ruas jari kaki.

  • Tulang Spons
Tulang spons ialah  tulang yang matriksnya tersebut berongga dan juga tersusun oleh anyaman trabeculae (yang mirip dengan pecahan genting) yang pipih serta juga  mengandung suatu serat kolagen. Rongga yang terdapat pada tulang spons tersebut diisi dengan jaringan sumsum tulang.
Contoh :
a.       tulang pipih= tulang-tulang penyusun tengkorak dan wajah, tulang dada,tulang rusuk,dan tulang belikat.
b.      tulang pendek= tulang pergelangan tangan, pergelangan kaki,tulang


4. Ciri-Ciri Tulang Keras

Ada ciri-ciri tulang keras antara lain ialah sebagai berikut ini :
  1. Bersifat kaku dan juga keras
  2. Mudah sekali Patah
  3. Kurangnya suatu zat perekat
  4. Tersusun dari  zat kapur dan juga fosfor
  5. Sel-sel tulang tersebut tersusun ialah seperti lingkaran yang berlapis-lapis

5. Fungsi Tulang Keras
  • Menjaga organ lunak didalamnya
  • Membantu Aktvitas manusia didalam kerja berat
  • Tempat melekatnya Otot
  • Sebagai saluran pembuluh darah dan juga lemak.
Demikian artikel lengkap tentang Tulang Keras meliputi Pengertian, Pembentukan Tulang Keras, Ciri-ciri, Fungsi, Macam-macam dan Contoh Tulang Keras. Semoga bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Tulang Keras (Artikel Lengkap)"