Download 2 Contoh Makalah Microsoft Excel


Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog Artikel & Materi . Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan 2 Contoh Makalah tentang Microsoft Excel yang dapat anda download di akhir artikel.

download makalah microsoft excel 2007 2010
Cuplikan Makalah Microsoft Excel (1)

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Microsoft Excel merupakan program aplikasi spreadsheet ( lembar kerja elektronik ) canggih yang paling popular dan paling banyak digunakan saat ini. Excel akan sangat membantu kita dalam hal menghitung. Memproyeksikan, menganalisa, dan mampu mempresentasikan data dalam bentuk table dengn berbagai jenis tabel  yang disediakannya, mulai dari bentuk Bar, Grafik, Pie, Line, dan banyak lagi. Excel 2000 merupakan pengembangan dari excel dari excel versi sebelumnya yang lebih ditingkatkan fungsinya dan dikonsetrasikn agar spreadsheet ini lebih familiar (mudah dipakai), lebih fleksibel, lebih mudah diintegrasikan dengan program office lainnya dan yang tak kalah penting  adalah kemampuan untuk langsung berhubungan dengan internet. Walaupun demikian, excel 2000 ini akan selalu dikembangkan oleh pihak Microsoft sehingga akhirnya kita betul-betul dimanja oleh software microsoft ini.
Dalam makalah ini kami menjelaskan mengenai cara menggunakan Microsoft Excel Khususnya dalam dunia pendidikan. Karena fungsi MS. Excel sangat berperan penting dalam dunia pendidikan misalnya dlam mengentri data-data nilai siswa, merangking hasil belajar siswa, pembayaran SPP Siswa, presentasi siswa, dan lain-lain. Dengan alasan trsebut, maka Penulis menyusun makalah ini sebagai penunjang dalam pembelajaran MS. Excel.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalahnya adalah sebagai berikut :
1.      Apa pengertian menu dan ikon ?
2.      Apa fungsi menu dan ikon pada MS. Excel ?
3.      Bagaimana cara menyimpan, membuka dan mengelola file buku kerja ?
4.      Bagaimana cara mengatur kolom dan baris ?



C.    Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalh diatas maka maka tujuan penulisan malah ini adalah sebagai berikut :
1.      Mendeskripsikan pengertian menu dan ikon.
2.      Mendeskripsikan fungsi dan ikon pada MS. Excel.
3.      Menjelaskan cara menyimpan, membuka dan mengelola file buku kerja.
4.      Menjelaskan cara mengatur kolom dan baris.

D.    Manfaat Penulisan
1.      Manfaat Bagi Penulis
Manfaat bagi penulis dapat mengembangkan teori yang dipelajari tentang komponen-komponen yang terdapat pada Microsoft Exel.
2.      Manfaat Bagi Pembaca
Manfaat bagi pembaca dapat mengetahui lebih jauh tentang komponen-komponen yang terdapat pada Microsoft Exel.





BAB II
 PEMBAHASAN
A.    Pengertian Menu dan Icon
Menu merupakan kumpulan perintah yang sudah dikelompokan menjadi satu berdasarkan fungsinya masing-masing.
Icon merupakan perintah berbentuk gambar yang dijalankan atau diaktifkan dengan cara klik dua kali menggunakan mouse pada gambar tersebut.

B.     Fungsi Menu dan Icon

Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk melakukan pengeditan terhadap dokumen yang sedang Anda kerjakan. Untuk dapat mengakses halaman ribbon Home, Anda dapat melakukan dengan mengklik tab Home. Anda juga dapat menggunakan keyboard dengan menekan tombol Alt + H. Langkah ini akan menampilkan kotak-kotak kecil bertuliskan huruf akses cepat bagi setiap perintah pada tab Home. Tekan tombol Alt kembali untuk menonaktifkan huruf akses.

1.      Fungsi Menu dan Ikon Tab Home.
Menu Tab Home
Kelompok Clipboard
Paste
Menempelkan hasil perintah cut/copy yang ada di clipboard
Cut
Memindahkan bagian yang ditandai ke clipboard
Copy
Menyalin ke clipboard
Format Painter
Melakukan copy format
Kelompok Font
Font Selection
Mengganti jenis huruf
Font Size
Mengatur ukuran huruf
Increase/Decrease Font
Menaikkan dan menurunkan ukuran font satu tingkat
Bold, Italic, Underline
Menebalkan, memiringkan, menggarisbawahi teks
Border
Membuat garis bingkai sel
Fill
Mewarnai sel
Color
Mewarnai huruf

Makalah selengkapnya Download  dibawah... :)


Cuplikan Makalah Microsoft Excel (2)



BAB I
PENDAHULUAN

A.   latar belakang
Dengan pesatnya kemajuan teknologi pada saat ini, menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah.Dewasa ini terdapat keterkaitan antara kemajuan teknologi dengan bertambahnya kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan manusia menjadi lebih mudah untuk dipenuhi.Jadi secara langsung maupun secara tidak langsung manfaat dari berkembangnya teknologi adalah membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.Seperti program aplikasi Microsoft Office, program ini sangat membantu mereka para pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, dan masih banyak lagi.Salah satu bagian dari Microsoft Office adalah Microsoft Office Excel atau disebut juga Lembar Sebar.Program aplikasi pengolah angka ini memudahkan kita untuk melakukan perhitungan serta mengolah databerupa angka yang ada dalam tabel.Dalam Microsot Office Excel banyak sekali fungsi-fungsi tertentu yang masing-masingnya memiliki kegunaan tersendiri.

B.  Tujuan
Setelah mempelajari makalah ini, pembaca diharapkan untuk dapat :
1.Memahami cara memulai, menjalankan, dan mengakhiri perangkat lunak Microsoft Office Excel.
2. Mengoperasikan fungsi menu-menu lembar sebar
3. Mengoperasikan menu-menu editing lembar sebar.
4. Menggunakan rumus dan fungsi pada lembar sebar
5. Mengoperasikan perintah cetak pada lembar sebar
6. Mampu menggunakan/mengaplikasikan penggunaan Microsotf Office Excel dalam kehidupan sehari-hari.
E.  Manfaat
Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan untuk dapat
1.Memahami cara mengoperasikan lembar sebar
2.Menghindari kesalahan editing dalam pengoperasian lembar sebar;
3.Mengoperasikan fungsi menu-menu yang ada pada lembar sebar;
4.Menggunakan rumus dan fungsi mencetak hasil pengolahan lembar sebar.




BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengenalan Microsoft Excel
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang baik, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007 .
Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar,  penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak  ini  sangat membantu untuk  menyelesaikan permasalahan  administratif mulai  yang  paling  sedernaha  sampai  yang  lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh  permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen  data dengan  menampilkan grafik data pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaan lebih mudah.

B. Kelebihandan Kekurangan Microsoft Excel Excel 2007
hadir dengan tambahan berbagai fasilitas sehingga lebih sempurna dibandingkan dengan versi sebelumnya. Fitur baru tersebut antara lain adalah desain jendela (interface) Excel, jumlah baris dan kolom lebih banyak, format file baru, penulisan formula lebih mudah.Office Themes dan Excel Styles, pengurutan dan penyaringan data didesain lebih canggih, tampilan grafik yang lebih variatif, PivotTable lebih mudah digunakan dan sebagainya. Perhatikan sebagian ilustrasi berikut ini,
1. Jumlah kolom yang tersedia di Excel 2007 adalah 16.384 yang dimulai dari kolom A hingga berakhir di kolom XFD, versi sebelumnya hanya 256 kolom.  Serta baris dalam Excel 2007 sebanyak 1.048.576 yang dimulai dari baris 1 dan berakhir di baris 1.048.576, versi sebelumnya 65.536.
2. Pada Excel 2003, jumlah sel sekitar 16 juta, tapi pada Excel 2007, jumlah sel mencapai 17 miliar.
3. Memori yang digunakan di dalam komputer, saat ini dapat sampai batas maksimal yang berlaku di Microsoft Windows, sebelumnya hanya 1 megabyte.
4. Jumlah warna unik dalam sebuah workbook dapat mencapai 4.3 milyar, sebelumnya hanya 56.
5. Jumlah kondisi pada fasilitas format kondisional, Excel versi terbaru ini hanya dibatasi oleh kapasitas memori, sebelumnya hanya ada 3 kondisi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Download 2 Contoh Makalah Microsoft Excel

0 komentar:

Poskan Komentar