Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Globalisasi (Pengertian, Penyebab, Dampak, Contoh)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog Artikel & Materi . Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan artikel tentang Globalisasi meliputi Pengertian, Penyebab, Dampak (Positif dan Negatif), serta Contoh Globalisasi. Berikut artikel selengkapnya..

A. Pengertian Globalisasi


Globalisasi adalah keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit. 

Globalisasi adalah proses penyebaran unsur-unsur baru khususnya yang menyangkut informasi secara mendunia melalui media cetak dan elektronik. Khususnya, globalisasi terbentuk oleh adanya kemajuan di bidang komunikasi dunia. Ada pula yang mendefinisikan globalisasi sebagai hilangnya batas ruang dan waktu akibat kemajuan teknologi informasi

Globalisasi (Pengertian, Penyebab, Dampak, Contoh)


Pengertian Globalisasi menurut bahasa adalah Global dan sasi, Global adalah mendunia, dan Sasi adalah Proses, jadi apabila pengertian Globalisasi menurut ahasa ini di gabungkan menjadi “Proses sesuatu yang mendunia”.

Pengertian Globalisasi menurut para ahli:
  • Thomas L. Friedman : Globalisasi memiliki dimensi idiology dan tekhnologi. Dimensi tekhnologi yaitu kapitalisme dan pasar bebas, sedangkan dimensi tekhnologi adalah tekhnologi informasi yang telah menyatukan dunia .
  • Malcom Waters : Globalisasi adalah sebuah proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting, yang terjelma didalam kesadaran orang .
  • Emanuel Ritcher: Globalisasi adalah jaringan kerja global secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar – pencar dan terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia .
  • Achmad Suparman: Globalisasi adalah sebuah proses menjadikan sesuatu benda atau perilaku sebagai ciri dan setiap individu di dunia ini tampa dibatasi oleh wilayah .
  • Martin Albrown: Globalisasi menyangkut seluruh proses dimana penduduk dunia terhubung ke dalam komunitas dunia tunggal, komunitas global .
  • Laurence E. Rothenberg : Globalisasi adalah percepatan dan intensifikasiinteraksi dan integrasiantara orang-orang, perusahaan, dan pemerintah dari negarayang berbeda.
  • Selo Soemardjan : globalisasi adalah suatu proses terbentuknya sistem organisasidan komunikasi antarmasyarakat di seluruh dunia. Tujuan globalisasi adalahuntuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama misalnya terbentuknya PBB, OKI
  • Scholte: Globalisasi diartikan sebagai meningkatnya hubungan internasional.Dalam hal ini masing-masing negara tetap mempertahankan identitasnya masing-masing, namun menjadi semakin tergantung satu sama lain.
  • KESIMPULAN: Globalisasi secara singkat adalah ” Sebuah proses dimana antar individu / kelompok menghasilkan suatu pengaruh terhadap dunia “

B. Penyebab Globalisasi


Globalisasi tidak mungkin terjadi tanpa adanya sebab. Faktor utama penyebab globalisasi terjadi di muka bumi ini disebabkan oleh perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan yang terlihat tanpa batas khususnya diwilayah komunikasi dan teknologi komunikasi. Selain faktor penyebab globalisasi tersebut, masih terdapat beberapa faktor penyebab globalisasi yang lain yaitu:
  1. Faktor penyebab globalisasi yaitu semakin mudahnya pelaksanaan transaksi ekonomi seperti jual beli dan keuangan lintas wilayah seperti individu dari negara Indonesia dapat melakukan perdagangan dengan orang lain dari negara Malaysia bahkan Eropa seperti Jerman, Inggris dan Spanyol. Tentu saja hal ini disebabkan oleh adanya perkembangan teknologi di bidang komunikasi dan bidang transportasi seperti pesawat kargo dan lainnya.
  2. Penyebab globalisasi yang lainnya adalah adanya kemudahan dalam mengirim barang bahkan jasa lintas wilayah khususnya yang berbeda kebudayaan. Contohnya saja, pakaian yang berasal dari Amerika Serikat dapat dengan mudah dipesan dan dibawa ke Indonesia untuk dijual, hal ini membuat terjadinya penggabungan kebudayaan atau asimilasi atau bahkan dapat terjadi pergeseran kebudayaan dari segi berpakaian. Seperti kita tahu, pakaian orang timur sedikit tertutup sedangkan pakaian orang barat khususnya sekarang ini cukup terbuka.
  3. Dengan berkurangnya konflik antar negara, dan dirasakan perlunya hubungan internasional, penyebab globalisasi adalah semakin mudahnya terjadi kerja sama ekonomi antar negara.
  4. Ketersediaan sumber daya alam yang semakin menipis dapat menjadi faktor penyebab globalisasi. Hal ini dapat dijelaskan bila kita pandang dari segi investasi. Contohnya, minyak bumi dan emas. Freeport yang menjadi sumber daya alam dari segi logam mulia menjadi dasar bagi masuknya orang luar negeri ke Papua sehingga terjadi pertukaran budaya dan bahkan pengikisan budaya lokal masyarakat papua.
  5. Adanya sistem visa dan pertukaran siswa dan pelajar dari berbagai negara ke berbagai negara membuat semakin mudahnya terjadi globalisasi. Dengan Indonesia mengirimkan mahasiswanya ke Amerika Serikat maka akan semakin banyak dan mudah bagi warga Indonesia untuk menerima budaya Amerika Serikat.
  6. Peperangan dan konflik pun dapat menjadi penyebab terjadinya globalisasi.

C. Dampak Globalisasi


Dampak Positif Globalisasi

  •  Memperoleh informasi dan penambahan ilmu pengetahuan alam maupun sosial akan mudah dijangkau bagi setiap individu di berbagai belahan dunia manapun
  • Jalinan komunikasi akan semakin mudah dan semakin canggih
  • Mobilitas yang tinggi akan memudahkan siapapun di era globalisasi akan mudah dalam melakukan perjalanan baik perjalanan jauh maupun perjalanan pendek dengan adanya alat transportasi yang semakin beragam
  • Sikap kosmopolitan ataupun toleransi antara satu individu dengan yang individu lain akan meningkat
  • Perkembangan ekonomi, sosial dan budaya dengan globalisasi ini akan membawa individu semakin semangat dalam meningkatkan potensi dirinya
  • Pemenuhan kebutuhan yang semakin kompleks dan tidan terbatas sedikit demi sedikit akan mulai terpenuhi secara berkala pada era globalisasi

Dampak Negatif Globalisasi

  • Masyarakat yang konsumtif
  • Segala informasi tidak tersaring untuk informasi baik maupun informasi buruk
  • Pemborosan dan perilaku yang menyimpang dari adat ketimuran
  • Lebih condong pada budaya barat sehingga budaya pribadi sering ditinggalkan
  • Sikap individualis dan menutup diri sering terjadi pada individu yang mengikuti arus globalisasi secara terus-menerus

D. Contoh Globalisasi dalam Berbagai Bidang


Globalisasi di Bidang Ekonomi:

Banyaknya Supermarket
Adanya jual beli online yang memungkinkan melakukan transaksi dengan orang yang jauh
Terciptanya mesin-mesin canggih untuk menunjang proses produksi
Adanya Ekspor dan Impor
Masuknya produk luar negeri dengan mudah
Terbukanya pasar bursa Internasional

Globalisasi di Bidang Sosial:

Bahasa Asing masuk dengan mudahnya
Perempuan bekerja sudah tidak asing lagi
Masyarakat semakin heterogen
Hilangnya rasa gotong royong
Timbulnya rasa egoisme diantara masyarakat

Globalisasi di Bidang Budaya:

Masuk dan menyebarnya budaya asing
Masuknya mode-mode pakaian luar negeri
Banyaknya imigrasi
Terjadinya pertukaran budaya Internasional
Hilangnya budaya-budaya tradisional secara perlahan

Globalisasi di Bidang Politik:

Dibentuknya PBB
Timbulnya kerjasama antar negara
Timbulnya politik negara
Hubungan bilateral maupun multirateral antar negara dapat dengan mudah dilakukan
Munculnya ideologi-ideologi asing

Globalisasi di Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi:

Munculnya berbagai macam handphone untuk memudahkan berhubungan dengan orang yang jauh
Adanya internet untuk memudahkan berkomunikasi dan mendapatkan informasi
Munculnya video call yaitu kita dapat bertatap muka dengan orang yang jauh
Informasi-informasi dan menyebar dengan cepat dan luas
Kita dapat melihat suatu kejadian dimanapun secara langsung dengan menggunakan televisi, internet, dan hp
Sumber :
http://www.g-excess.com/pengertian-dampak-dan-contoh-contoh-globalisasi.html
http://learniseasy.com/2015/09/definisi-globalisasi-penyebab-dan-dampak-globalisasi.html

Demikian artikel tentang Globalisasi meliputi Pengertian, Penyebab, Dampak (Positif dan Negatif), serta Contoh Globalisasi.  Semoga bermanfaat..

2 komentar untuk "Globalisasi (Pengertian, Penyebab, Dampak, Contoh)"

gema 3 Mei 2016 pukul 07.32 Hapus Komentar
Unknown 12 Desember 2017 pukul 22.59 Hapus Komentar
globalisasi wanita