Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Atlas (Pengertian, Jenis, Syarat, Unsur, Fungsi)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog Artikel & Materi . Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan artikel tentang Atlas yang membahas Pengertian Atlas; Jenis-jenis Atlas; Syarat atlas yang baik, Unsur pada Atlas, dan fungsi / manfaat atlas. Mari kita bahas selengkapnya...

Pengertian Atlas

Atlas adalah kumpulan peta yang disatukan dan dijilid menjadi sebuah buku. Nama atlas berasal dari nama dewa bangsa Yunani, yaitu Atlas, dewa yang memegang bumi di atas pundaknya. 

Pada umumnya peta-peta dalam atlas disusun secara teratur menurut pembagian wilayah dalam suatu negara, dan wilayah pada masing-masing benua. Dengan susunan seperti itu akan memudahkan bagi orang yang membutuhkannya. Atlas terbitan baru ada yang sudah dilengkapi dengan gambar, tabel, dan indeks untuk nama-nama yang terdapat dalam atlas. 

Artikel lengkap tentang atlas
Jenis-jenis Atlas
 
Pengelompokan jenis atlas biasanya didasarkan pada isi yang terkandung pada peta-peta yang ditampilkan. Beberapa jenis atlas antara lain :

1) Atlas Wilayah

Atlas wilayah adalah atlas yang menyajikan informasi unsur-unsur geografi umum baik alamiah maupun budaya suatu wilayah.

Beberapa contoh atlas wilayah:
a) Atlas Nasional, menyajikan informasi geografis dan data yang terdapat pada wilayah negara tertentu yang dilengkapi dengan peta tiap-tiap propinsi.
b) Atlas Regional, menyajikan informasi geografi dan data dari beberapa negara dalam satu kawasan tertentu maupun dalam kawasan benua.
c) Atlas Dunia, menyajikan informasi geografi dan data yang terdapat pada benua–benua beserta negara-negara di dunia.

2) Atlas Tematik

Atlas tematik adalah atlas yang menyajikan informasi tema tertentu yang sifatnya khusus. Beberapa contoh atlas tematik yaitu  atlas anatomi, atlas patologi, atlas histologi (berisi gambar-gambar bagian tubuh dan sel-sel manusia yang diperlukan di bidang kedokteran) dan  atlas geologi, (berisi informasi tentang berbagai batuan atau mineral yang terdapat di bumi), atlas sejarah, dan lain-lain.

3) Atlas Semesta

Atlas semesta adalah atlas yang menyajikan informasi keadaan jagat raya berupa peta langit, susunan tata surya, rasi bintang, dan galaksi.

Syarat-syarat Atlas

Atlas yang baik, sebagai sumber informasi geografi hendaknya memenuhi syarat sebagai berikut.
  1. Menggambarkan suatu daerah dengan data yang akurat.
  2. Memiliki formulasi warna atau simbol lain yang tepat sehingga menarik.
  3. Dilengkapi dengan diagram-diagram dan data statistik daerah yang dipetakan.
  4. Dalam membuat peta harus mengikuti aturan-aturan kartografi dan menggunakan proyeksi peta tertentu yang disesuaikan dengan tujuan.
Unsur-unsur Atlas
 
Atlas yang baik dan lengkap harus memiliki unsur-unsur sebagai berikut.

1) Judul Atlas
Judul atlas merupakan informasi awal dari atlas dan harus mencerminkan keseluruhan isi atlas. Misalnya Atlas Dunia di dalamnya berisi peta permukaan bumi baik daratan maupun perairan, peta benua-benua, peta wilayah Kutub Utara dan Kutub Selatan dan peta negara-negara di benua.

2) Daftar Isi
Daftar Isi merupakan nama-nama peta yang disusun lengkap dengan halaman tempat peta disajikan. Daftar isi berguna untuk membantu pengguna mempermudah dalam mencari peta yang diinginkan.

3) Kata Pengantar
Kata pengantar merupakan ungkapan pembuat atlas berkenaan dengan isi dan tujuan pembuatan atlas.

4) Legenda
Legenda merupakan keterangan yang menjelaskan tentang simbol-simbol yang digunakan pada peta yang terdapat dalam atlas.

5) Tahun Pembuatan Atlas
Tahun Pembuatan Atlas dicantumkan agar pengguna mengetahui kapan atlas itu dibuat berkenaan dengan kesesuaian data yang disajikan dengan waktu penggunaan.

6) Daftar Indeks
Daftar Indeks berisi daftar nama-nama objek geografi, baik fisik maupun sosial  budaya yang disusun berdasarkan kelompok-kelompok tertentu, misalnya kota, gunung, pegunungan, pulau, kepulauan, sungai, danau, waduk, teluk, selat, laut, samudra tanjung, dan pelabuhan udara, sedangkan setiap kelompok disusun berdasarkan abjad.

Contoh:
Apabila kita ingin mencari kota Deli di Pulau Sumatra, caranya buka daftar indeks kemudian cari kelompok kota dengan urutan abjad “D”. Pada Indeks tertulis Deli 29 A2; artinya angka 18 menunjukkan nomor urut halaman, huruf A adalah kolom antara dua garis bujur (vertikal) dan angka 2 adalah lajur antara dua garis lintang (horizontal).

Fungsi / Manfaat Atlas 

Secara umum atlas bermanfaat sebagai penyedia informasi kepada para pembacanya. Namun, ternyata atlas memiliki banyak manfaat – manfaat khusus yang bisa didapatkan darinya. Adapun manfaat – manfaat tersebut adalah:

1. Menunjukkan wilayah tertentu. Atlas dapat digunakan untuk menunjukan suatu wilayah tertentu di muka bumi ini. Hal ini dikarenakan atlas menghimpun semua peta – peta, termasuk peta – peta Negara yang ada di dunia.
2. Atlas dapat memberikan informasi lokasi kota, sungai, atau danau dengan informasi geografis yang sesuai dengan keadaan yang sebenarnya di lapangan.
3. Atlas dapat digunakan untuk membandingkan luas, letak, dan lokasi tertentu, sehingga pembaca dapat mengetahui luas, atau jarak yang sebenarnya dari suatu atau antar kota dengan menggunakan skala yang ada pada atlas tersebut.
4. Atlas dapat digunakan untuk membandingkan perbedaan – perbedaan relief suatu daerah dengan cara melihat simbol – simbol yang ada di dalam peta, contohnya simbol warna, dan lain sebagainya.
5. Selain dapat digunakan untuk mencari informasi yang berkaitan dengan letak atau posisi sebuah daerah, atlas juga dapat digunakan untuk mencari informasi tertentu seperti, binatang – binatang yang dilindungi, keajaiban dunia, pakaian adat, dan lain sebagainya.


Sumber-sumber :
- Buku BSE Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII SMP
- http://kakakpintar.com/pengertian-atlas-syarat-syarat-atlas-manfaat-atlas/
- http://pengertianadalahdefinisi.blogspot.co.id/2013/08/pengertian-atlas-jenis-dan.html

Demikian tentang Atlas yang membahas Pengertian Atlas; Jenis-jenis Atlas; Syarat atlas yang baik, Unsur pada Atlas, dan fungsi / manfaat atlas. Semoga bermanfaat :)

Posting Komentar untuk "Atlas (Pengertian, Jenis, Syarat, Unsur, Fungsi)"