Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penggolongan Jenis Hewan Berdasarkan Tempat Hidupnya

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog Artikel & Materi. Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan Materi IPA : Penggolongan Hewan Berdasarkan Tempat Hidupnya beserta Contohnya. Baiklah mari kita bahas selengkapnya.

Penggolongkan hewan atau binatang berdasarkan tempat hidupnya dibedakan menjadi 3 macam, yaitu :

1. Hewan yang hidup di darat

Penggolongan Hewan Berdasarkan Tempat Tinggalnya

Hewan yang hidup di darat biasa disebut hewan darat. Hewan darat banyak sekali jenis atau macam-macamnya. Mereka ada yang hidup secara sendiri, ada pula yang hidup berkelompok atau berkoloni. Adapun jenis hewan tersebut antara lain :

- Hewan yang hidup di lingkungan sekitar kita

Kita pasti sudah diajarkan oleh orang tua kita tentang nama-nama hewan di sekitar kita sejak kita kecil, seperti, kucing, bebek, kupu-kupu, sapi, ayam, burung dan lainnya. Hewan-hewan tersebut ada yang dipelihara dan ada juga yang tidak dipelihara. Hewan yang dipelihara biasanya untuk suatu keperluan, misal untuk dibudidayakan (diternak) seperti ayam, sapi, kambing, untuk hewan peliharaan, seperti kucing, anjing, dll. Selain itu ada juga jenis hewan yang liar yang ada disekitar kita, contohnya tikus, kecoa, cicak, dan sebagainya.

- Hewan yang hidup didalam hutan

Hewan yang hidup di hutan biasanya merupakan hewan liar atau buas. Hutan merupakan tempat tinggal atau habitat dari berbagai jenis hewan, ada hewan yang buas dan lemah, ada hewan pemakan rumput dan hewan predator, ada yang hewan yang jumlahnya sangat banyak ada pula yang hewan yang hampir punah. Contoh hewan yang tinggal didalam hutan adalah harimau, singa, gajah, kijang dan macan serta ada juga serangga dan burung.

-Hewan yang hidup didalam tanah

Selain hidup di permukaan tanah, banyak pula hewan yang hidup didalam tanah. Mereka hanya sesekali saja keluar tanah untuk mencari makan. Adapun jenis hewan yang hidup didalam tanah yaitu cacing, rayap, semut, dan berbagai jenis serangga lainnya.

2. Hewan yang hidup di air

Penggolongan Hewan Berdasarkan Tempat Tinggalnya


Hewan yang hidup di air biasa disebut  hewan air. Banyak dari hewan air yang dapat dimakan atau dikonsumsi antara lain : ikan, udang, cumi-cumi. Hewan air dapat dibagi menjadi 3 macam yaitu hewan air tawar, hewan air payau, dan hewan air laut.

- Hewan Air tawar

Air tawar terdapat di peraiaran yang terletak di wilayah darat, seperti sungai, waduk, dan danau. Hewan yang hidup di air tawar bisa dijadikan sebagai hiasan dan untuk dimakan. Misalnya ikan gurame, ikan mas, ikan nila, ikan lele, ikan gabus, dan udang.

- Hewan Air Payau

Air payau adalah perairan campuran antara air tawar dan air laut. Jika kadar garam yang dikandung dalam satu liter air adalah antara 0,5 sampai 30 gram, maka air ini disebut air payau. Namun jika lebih, disebut air asin. Di daerah pesisir pantai banyak dibuat tambak untuk membudidayakan berbagai jenis hewan yang hidup di air payau. Contohnya adalah adalah kerang, kepiting bakau, udang dan ikan bandeng. Semua jenis hewan tersebut dapat dikonsumsi oleh manusia.

- Hewan Air Laut

Air di laut banyak mengandung garam, sehingga rasanya asin. Karena laut memiliki area yang luas, maka hewan air laut jumlah dan jenisnya lebih banyak dari hewan air tawar. Hewan laut juga banyak dikonsumsi manusia seperti bawal, udang, kerang, tuna. Hewan laut memiliki ukuran yang bervariassi, ada hewan yang kecil, seperti ikan-ikan kecil yang hidup di sekitar terumbu karang, ada juga hewan yang sangat besar seperti paus. Ukuran paus 25 kali dari ukuran gajah. Contoh hewan air laut antara lain gurita, cumi-cumi, bintang laut, ikan pari, ikan hiu, ikan badut, dan lain sebagainya.

3. Hewan yang hidup di darat dan air (amfibi)

Selain hewan darat, dan hewan air, ada juga hewan yang hidup di darat dan di air. Hewan ini biasa disebut dengan hewan amfibi. Contoh hewan amfibi adalah salamander, buaya, sesilia, kodok dan katak. 

Penggolongan Hewan Berdasarkan Tempat Tinggalnya

Katak memulai hidupnya di air. Setelah dewasa, katak mengalami perubahan. Katak dewasa hidup di darat dan di air.

Demikian Materi IPA : Penggolongan Hewan Berdasarkan Tempat Hidupnya beserta Contohnya. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Penggolongan Jenis Hewan Berdasarkan Tempat Hidupnya"