Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Fungsi Google Analytic dan Manfaatnya

Fungsi dari Google analytic adalah menjadi sebuah alat yang bisa digunakan untuk membantu seseorang dalam membuat keputusan bisnis. Terutama bagi pebisnis yang melakukan strategi marketing menggunakan blog ataupun website dengan Hosting sendiri. 


Google merupakan perusahaan teknologi dunia dengan jumlah pengguna yang sangat banyak. Google analytics merupakan salah satu fitur yang disediakan google marketing platform untuk menunjang strategi pemasaran kamu. 





Di dalamnya terdapat berbagai fitur menarik yang sangat berguna di dunia marketing. Berikut ini adalah fungsi Google analitik dalam dunia digital marketing:

1.Mengumpulkan Data Pengunjung

Pertama, Fungsi dari google analytic adalah untuk mengumpulkan data-data pengunjung yang dianggap penting untuk website. Setiap orang yang berkunjung ke sebuah situs web tentu saja memiliki identitas. Identitas ini bisa dilacak oleh tools tertentu sehingga bisa diketahui data-data dan informasi penting para pengguna internet. 


Google analytics memiliki cara kerja yang sama yaitu melacak data pengunjung website terkait dengan jenis kelamin, lokasi, aktivitas yang dilakukan oleh pengunjung website, jenis device untuk mengakses website, dan masih banyak lagi lainnya. 


Informasi tersebut tersaji secara lengkap di google analytics dan bisa dipahami dengan sangat mudah. Tentu saja data-data tersebut sangat bermanfaat saat kamu akan melakukan analisis visitor untuk memajukan website. Analisis tersebut dilakukan untuk menyusun strategi marketing yang paling tepat. 

2.Menganalisis Kinerja SEO

Fungsi google analytic berikutnya yakni untuk melakukan analisis terhadap optimasi SEO. Dengan Google analytic kamu bisa menganalisis para visitor website terkait dengan aktivitas yang dilakukan selama mereka berkunjung ke websitemu. 


Cara kerja SEO ini bisa dilihat dari berbagai aspek mulai dari keyword yang banyak diketikkan oleh pengunjung, bagaimana tingkah laku para pengunjung saat berada di halaman website, hingga jenis perangkat apa yang digunakan untuk mengakses website. 


Berbekal informasi tersebut, kamu bisa menyusun strategi untuk konten-konten yang akan dirilis berikutnya. Harapannya konten yang telah disesuaikan dengan perilaku pengunjung akan memiliki pengaruh lebih baik terhadap strategi marketing yang sedang dijalankan. Jika ingin lebih cepat Anda bisa gunakan Jasa SEO murah

3.Memantau Traffic Pengunjung

Google analytic juga bisa digunakan untuk memantau traffic pengunjung secara real time. Traffic bukan hanya terpaku pada jumlah visitor yang berkunjung ke website kamu saja akan tetapi terkait dengan aktivitas yang dilakukan pengunjung saat berselancar di dalam sebuah website. 


Data mengenai traffic ini akan berubah dari waktu ke waktu dan dengan menggunakan google analytics maka kamu bisa memantau informasi tersebut secara real time dengan data terbaru. 

Seorang digital marketer tidak hanya sekedar memantau trafik akan tetapi juga mempelajari pola-pola yang dihasilkan oleh visitor dan selanjutnya pola tersebut dianalisis untuk menyusun langkah-langkah strategis berikutnya sehingga pengunjung blog menjadi jauh lebih banyak. 

4.Untuk Memantau Iklan

Saat kamu membuka sebuah website yang berisi iklan dan menghalangi konten yang sedang dicari maka secara otomatis akan menutup iklan tersebut karena dianggap mengganggu kenyamanan. 


Jika kamu seorang pebisnis dan melakukan pemasangan iklan untuk menarik lebih banyak pembeli tentu informasi ini akan sangat bermanfaat. 


Google analytic bisa dimanfaatkan untuk mengetahui penempatan iklan yang tepat agar pengunjung tidak menutup iklan yang kamu sajikan. Iklan dengan tingkat visibilitas tinggi memiliki peluang yang lebih besar untuk dilihat atau bahkan diklik oleh pengunjung. 

5.Mengetahui Konten Terpopuler

Melalui google analytics kamu juga bisa mengetahui konten-konten mana saja yang memiliki pengaruh besar terhadap penjualan di website. 


Di samping itu, kamu juga dapat mengetahui konten mana yang paling diminati oleh para pengunjung sehingga bisa menggunakan informasi tersebut untuk mendesain produk baru yang disukai oleh pembeli. 


Produk-produk yang telah didesain secara khusus sesuai dengan keinginan pembeli tentu akan lebih diminati dibanding produk sebelumnya yang belum didesain sesuai dengan minat pembeli. 


6.Memahami Keyword

Kamu bisa meningkatkan penjualan dengan mengetahui kata kunci apa saja yang paling sering diketikkan oleh para pengunjung website. Pemilihan kata kunci yang tepat memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap jumlah pengunjung website yang kamu kelola. 


Melalui google analytics, kamu bisa memahami keyword yang paling banyak digunakan oleh visitor yang ada di website. Berbekal data tersebut kamu bisa mengembangkan konten baru menggunakan keyword yang banyak digunakan oleh para visitor. 

7.Memonitor Asal Visitor

Fungsi google analytic lainnya adalah untuk memonitor dari mana pengunjung website datang. Kamu bisa membagikan link website di berbagai jejaring media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, Linkedin atau lainnya. Google analytic bisa menginformasikan dari mana visitor datang secara real time. 


Tentu saja media sosial memiliki peran yang sangat penting untuk kemajuan bisnis, terutama dalam hal branding. Melalui data yang tersaji di dalam google analitik kamu bisa mengetahui media sosial apa yang paling bagus untuk promosi bisnis kamu. 


Itulah penjelasan seputar fungsi Google analytic yang perlu kamu ketahui. Segera gunakan fitur ini jika kamu ingin memaksimalkan pengolahan data yang masuk ke dalam website perusahaan.

Posting Komentar untuk "Mengenal Fungsi Google Analytic dan Manfaatnya"