Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Makalah SIG (Sistem Informasi Geografis)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog Artikel & Materi . Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan contoh makalah tentang SIG (Sistem Informasi Geografis). Berikut adalah cuplikannya. Anda dapat download file contoh makalah tentang SIG (Sistem Informasi Geografis) diakhir artikel.

download makalah SIG sistem informasi geografis

KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr.Wb.

            Puji dan syukur marilah senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga alhamdulillah kami berhasil menyelesaikan makalah yang berjudul “Sistem Informasi Geografis (SIG)” ini dengan baik.
            Makalah ini berisikan tentang definisi SIG, manfaat SIG, keuntungan SIG dan materi-materi lain yang erat hubunganya dengan SIG. Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas matapelajaran SIG dan diharapkan agar para pembaca dapat mengetahui apa itu SIG, penerapan SIG, serta keuntungan SIG.
            Dan tidak lupa kami ucapkan terimakasih kepada
1.      Bapak Drs. Marya, M.Pd, selaku Kepala Sekolah SMKN 1 Blora
2.      Bapak/Ibu Guru yang telah membimbing kami khususnya Bapak Drs. Teguh Hardiyoto, M.Pd., Ibu Sri Hikmah, S.Pd., dan Bapak Wahid, S.Pd, selaku Guru Kejuruan Geomatika, serta Mas Desi selaku Tool Man Kejuruan
3.      Orang tua kami yang telah memberi motivasi belajar kepada saya
4.      Rekan-rekan kelas XII GEOMATIKA 1
            “Tiada gading yang tak retak” begitupula dengan makalah ini. Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran dari guru dan teman-teman yang bersifat membangun , selalu kami harapkan demi lebih baiknya makalah ini.
            Akhir kata, semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua dan semoga Allah SWT senantiasa meridhoi segala usaha kita, Aamiin.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

                                                                                                 Penyusun


DAFTAR ISI
COVER  ............................................................................................................................         
KATA PENGANTAR .......................................................................................................         
DAFTAR ISI .....................................................................................................................           
BAB I (PENDAHULUAN)
1.1  LATAR BELAKANG .................................................................................................
1.2  TUJUAN .....................................................................................................................
1.3  MANFAAT .................................................................................................................
1.4  RUMUSAN MASALAH .............................................................................................
BAB II ( PEMBAHASAN )
2.1 SEJARAH PERKEMBANGAN SIG  ...........................................................................
2.2 PENGERTIAN SIG MENURUT PARA AHLI .............................................................
2.3 KONSEP DASAR SIG ................................................................................................
2.4 DEFINISI SIG .............................................................................................................
2.5 KOMPONEN SISTEM SIG .........................................................................................
2.6 PENERAPAN DAN APLIKASI SIG ...........................................................................
2.7 FUNGSI DAN KEMAMPUAN DARI SIG ..................................................................
BAB III ( PENUTUP).........................................................................................................         
3.1KESIMPULAN  ............................................................................................................         
3.2 SARAN .......................................................................................................................         
DAFTAR PUSTAKA   ......................................................................................................         



 BAB I
PENDAHULUAN

1.1Latar Balakang

          Dengan seiring berkembangnya zaman yang semakin maju, perkembangan teknologi pun seiring dengan perkembangan zaman tesebut. Perekembangan teknologi tersebut juga berpengaruh pada kemajuan teknologi dalam dunia IT (Information Technology) yang juga berkembang dengan pesat . Salah satunya adalah dengan munculnya Teknologi SIG (Sistem Informasi Geografis).
          Teknologi SIG (Sistem Informasi Geografis) telah berkembang pesat. Saat ini  telah dikenal istilah-istilah Desktop GIS, Web GIS, dan Database Spatial yang merupakan  wujud perkembangan teknologi Sistem Informasi Geografis, untuk mengakomodir kebutuhan  solusi atas berbagai permasalahan yang hanya dapat dijawab dengan tekhnologi SIG ini.  
            Konsep dasar SIG sistem yang dirancang untuk bekerja dengan data yang tereferensi secara spasial atau koordinat-koordinat geografi. SIG memiliki kemampuan untuk melakukan pengolahan data dan melakukan operasi-operasi tertentu dengan menampilkan dan menganalisa data. Applikasi SIG saat ini tumbuh tidak hanya secara jumlah applikasi namun juga bertambah dari jenis keragaman applikasinya. Pengembangan applikasi SIG kedepannya mengarah kepada applikasi berbasis Web yang dikenal dengan SIG.



1.2 Tujuan
Tujuan dari makalah ini adalah sebagai berikut:
        Mengetahui apa yang dimaksud dengan SIG
        Mengetahui Dasar Dasar SIG
        Mengetahui Sejarah SIG
        Mengetahui Fungsi SIG
1.3 Manfaat
Manfaat yang dirahapkan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
Ø  Menambah referensi,
Ø  Dapat mengetahui pengertian SIG, tujuan dan manfaat SIG, software
untuk  pengembangan SIG (keuntungan menggunakan SIG, Penerapan SIG, contoh pemanfaatan SIG)
Ø  Dapat memahami dan mengetahui mengenai Sistem Informasi Geografi (SIG) sehingga dapat dimanfaatkan dalam berbagai aspek kehidupan.
1.4 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diungkapkan diatas, dapat ditarik beberapa pokok permasalahan untuk dianalisis dan dikaji di dalam makalah tentang Sistem Informasi Geografi ini. Pokok permasalahanya adalah:
1. Sejarah SIG
2. Pengertian SIG dari berbagai ahli
3. Dasar Dasar SIG
4. Fungsi SIG


 BAB II
PEMBAHASAN

2.1 SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG)

1. AWAL MULA
Geografi merupakan salah satu ilmu yang mengikuti sejarah perkembangan manusia.Manusia mengenal tempat tinggal dan lingkungan sekitarnya, yang pada awalnya hanya tersimpan pada pada otaknya atau yang biasa disebut peta mental.
Perkembangan selanjutnya adalah manusia mulai menggambarkan lingkungan sekitarnya pada suatu bidang atau yang disebut dengan peta sketsa yaitu peta tanpa proyeksi dan skala
2. ZAMAN PRASEJARAH
Peta tertua ditemukan ketika dilakukan penggalian reruntuhan kota Gasur, Babilonia, berupa sebilah lempeng kecil tanah liat dan diperkirakan dibuat sekitar 2500 tahun sebelum masehi
Peta generasi kedua ditemukan di Mesir, yang digambarkan diatas lembaran kertas yang terbuat dari kulit.Peta ini memperlihatkan persil-persil tanah pertanian yang terdapat di sekitar lembah sungai Nil dan lokasi-lokasi tambang emas pada masa pemerintahan Rameses II (1292 – 1225 tahun sebelum masehi).
Bangsa Yunani menggunakan sistem koordinat segi-empat untuk pembuatan peta-petanya sekitar 300 tahun sebelum masehi.Mereka melakukan serangkaian pengamatan hingga didapat bukti-bukti yang menyatakan bahwa bentuk bumi itu tidak datar, tetapi bulat.
Ilmuwan Yunani juga memperkenalkan konsep-konsep bumi bulat dengan kutub-kutubnya, garis katulistiwa, sistem koordinat Lintang dan Bujur, sistem proyeksi peta, dan hitungan dimensi-dimensi bumi.
Perkembangan perpetaan dan diskripsi wilayah selanjutnya lebih didasarkan atas berbagai kepentingan, seperti untuk perang dan pajak serta pelayaran



3. ZAMAN ARAB ISLAM
Bangsa Arab Islam memimpin dalam dunia Geografi dan Kartografi pada abad pertengahan.Banyak karya Yunani diterjemahkan ke dalam bahasa Arab hingga ilmu Geografi berkembang pesat.
Idrisi yang diangkat sebagai penasihat dan pengajar di Istana oleh Raja Sicilia, Roger II pada 1154, Idrisi membuat globe (bola dunia) pertama kali yang terbuat dari perak seberak 400 kg memuat tujuh benua, danau dan sungai, kota, gunung, dataran, rute perjalanan dan catatan ketinggian. Ia juga mengarang suatu kitab yang menggambarkan bentuk bumi yang bulat dan mengambang diangkasa seperti kuning telur. Juga menjelaskan tentang iklim, lautan dan dataran serta penjelasannya secara terinci.
Untuk mengormati jasa-jasa Idrisi, maka perangkat lunak yang dikembangkan oleh Universitas Clark di Amerika Serikat diberi nama “IDRISI”. Buku buku karangan beliau masih terus diburu ilmuwan sampai pada awal abad 20.

9 komentar untuk "Contoh Makalah SIG (Sistem Informasi Geografis)"

kumpulan materi kuliah 5 Oktober 2018 pukul 21.59 Hapus Komentar
alhamdulillah akhir nya ketemu blog ini, makasih agan yg telah menulis makalah ini , semoga makin jaya.
owh iya nih jangan lupa kunjungi web saya https://abdholil.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ dan web kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id/ :)
Unknown 7 Oktober 2018 pukul 22.26 Hapus Komentar
rupanya bagus juga ilmu geografis ?
http://sites.google.com/mahasiswa.atmaluhur.ac.id/dhel
http://dhel.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
Unknown 22 Oktober 2018 pukul 10.32 Hapus Komentar
wahh terima kasih kak infonya, materinya juga dapat saya download, hal ini sangat berguna untuk saya, disini saya dapat mengetahui sejarah perkembangan SIG. saya sangat-sangat berterimakasi ya kak."_"

kalau kakak ada waktu silakan kunjungi blog saya
https://sites.google.com/mahasiswa.atmaluhur.ac.id/gitasefcia
dan website kampus saya
https://www.atmaluhur.ac.id
Unknown 23 Oktober 2018 pukul 20.29 Hapus Komentar
Terimakasih gan atas info isi blog nya,penjelasan contoh-contoh SIG nya simple tapi sangat bermanfaat.
kunjungi website saya https://zuhri.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id
Unknown 5 November 2018 pukul 12.59 Hapus Komentar
Terima kasih kak atas materinya, saya mau tanya maksud dari diskripsi wilayah selanjutnya lebih didasarkan atas berbagai kepentingan, seperti untuk perang dan pajak serta pelayaran.
Kunjungi juga Website saya https://sandia.mahasiswa,atmaluhur.ac.id dan Website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

Unknown 6 November 2018 pukul 16.40 Hapus Komentar
Tulisan yg bagus,, terimkasih gan bisa menambah referensi saya

jangan lupa kunjungi website saya : https://sfasah.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
dan juga website kampus saya : http://www.atmaluhur.ac.id
Unknown 13 November 2018 pukul 13.43 Hapus Komentar
Terimakasihn atas info dan materi blog ny,setelah saya membaca isi dari blog ini saya lebih mengerti awal mula sejarah tentang GIS.
jangan lupa kunjungi website saya https://zuhri.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
web kampus saya http:www.atmaluhur.ac.id
Unknown 15 November 2018 pukul 12.53 Hapus Komentar
Terimakasih..Alhamdulillah dengan adanya contoh makalah tentang SIG (Sistem Informasi Geografis)sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas kuliah membuat makalah tentang GIS.artikel yang sangat bermanfaat.

Jangan lupa kunjungi website saya
http://zailun.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/

dan website kampus saya
http://www.atmaluhur.ac.id
Unknown 19 November 2018 pukul 18.35 Hapus Komentar
Terimakasih atas penjelasan materi tentang GIS nya,setelah membaca dan memahami artikel ini saya jdi tau tentang sejarah-sejarah awal mula sampai sekarang ini.
kunjungi website saya https://zuhri.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id