Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Imigrasi, Emigrasi, Remigrasi, Urbanisasi, Transmigrasi, Sirkuler

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog Artikel & Materi . Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan artikel tentang Pengertian Imigrasi, Emigrasi, Remigrasi, Urbanisasi, Transmigrasi, Sirkuler beserta contohnya.

Pengertian Imigrasi, Emigrasi, Remigrasi, Urbanisasi, Transmigrasi, Sirkuler

Pengertian Imigrasi

Imigrasi adalah perpindahan penduduk dari satu tempat atau negara luar ke dalam negeri dengan tujuan ialah menetap. Orang yang melakukan imigrasi tersebut disebut imigran. Contoh imigrasi : orang Jepang pindah dan menetap ke Indonesia

Pengertian Emigrasi

Emigrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu wilayah atau negara asal ke negara luar dengan tujuan bekerja atau menetap. Orang yang melakukan emigrasi tersebut disebut dengan emigran. Sebagai contoh : orang Indonesia pergi ke Jepang dan menjadi tenaga kerja Indonesia.

Pengertian Remigrasi

Remigrasi adalah perpindahan atau kembalinya penduduk asing ke negara asalnya. Sebagai Contoh Remigrasi : TKI di Jepang pulang kembali ke Indonesia.

Pengertian Urbanisasi

Urbanisasi adalah  perpindahan penduduk dari desa ke kota dengan tujuan  ialah menetap atau juga mencari pekerjaan. Contoh urbanisasi : penduduk dari desa di daerah Blora pergi ke Jakarta.

Pengertian Transmigrasi.

Transmigrasi adalah  perpindahan penduduk dari pulau yang padat ke daerah atau  pulau yang masih jarang penduduknya. Contoh transmigrasi : penduduk dari pulau Jawa pindah ke pulau Papua.

Pengertian Sirkuler

Sirkuler adalah  gerak penduduk dari suatu wilayah yang menuju wilayah lain dengan tidak ada niatan atau tujuan menetap di daerah tujuan. Contoh di Indonesia (menurut dari batasan sensus penduduk) sirkuler tersebut dapat didefinisikan ialah sebagai gerak penduduk yang melintasi suatu batas provinsi menuju ke provinsi lain dalam jangka waktu ialah 6 bulan.
Demikian artikel tentang Pengertian Imigrasi, Emigrasi, Remigrasi, Urbanisasi, Transmigrasi, Sirkuler beserta contohnya.  Semoga bermanfaat...

4 komentar untuk "Pengertian Imigrasi, Emigrasi, Remigrasi, Urbanisasi, Transmigrasi, Sirkuler"

evand 29 Agustus 2016 pukul 03.45 Hapus Komentar
Terima kasih sudah diingatkan. Pada awalnya saya lupa, setelah di baca Eehh. Jadi inget lagi saya nya
Unknown 15 Oktober 2016 pukul 05.43 Hapus Komentar
thanks ya...

Anonim 25 Oktober 2016 pukul 03.36 Hapus Komentar
Thanks:)
Vany 16 Februari 2017 pukul 17.45 Hapus Komentar
Tak kira urbanisasi itu lawannya transmigtasi.tolong koreksi saya