Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Keluaran (Output Device) pada Komputer

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog Artikel & Materi . Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan artikel tentang Pengertian dan Macam-Macam Perangkat Alat Keluaran (Output Device) pada Komputer beserta fungsi dan gambarnya.

Pengertian Perangkat Keluaran / Output Device

Perangkat keluaran / output device adalah perangkat komputer yang digunakan untuk menampilkan atau menyampaikan informasi kepada penggunanya. Informasi yang ditampilkan oleh komputer merupakan hasil dari pemrosesan yang telah dilakukan oleh komputer. Informasi yang diteruskan oleh komputer melalui perangkat output dapat berupa tampilan di layar hasil cetakan, suara, dan sebagainya.

Macam-macam Perangkat Keluaran / Output Device

1. Monitor 
 
Monitor adalah alat keluaran yang memberikan dan menampilkan informasi atau data atau instruksi yang dihasilkan atau sedang dilakukan oleh komputer.

Monitor komputer ada beberapa jenis yaitu monitor CRT dan monitor LCD. 

- Monitor CRT (catoda ray tube) 
perangkat keluaran output device - monitor crt
Merupakan monitor yang mempunyai tabung yang memproduksi elektron untuk menembak layar, sehingga tercipta gambar di layar seperti cara kerja di televisi. Monitor ini memakai port 15 pin dengan 3 baris. 

- Monitor LCD (Liquid crystal display) 
perangkat keluaran output device - monitor lcd

monitor kristal air yang banyak digunakan pada komputer laptop/notebook. Namun sekarang monitor personal komputer sudah banyak yang menggunakan teknologi LCD.

2. Printer 
perangkat keluaran output device - printer
Alat keluaran yang dapat mencetak teks atau gambar hasil pengolahan komputer ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi.

3. Plotter 
perangkat keluaran output device - plotter

Merupakan alat keluaran yang mempunyai fungsi sama dengan printer. Perbedaannya adalah plotter digunakan untuk mencetak gambar yang berukuran cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.

4. Speaker/Headset 
perangkat keluaran output device - speaker

Speaker adalah alat keluaran yang menghasilkan output dalam bentuk suara.

5. Proyektor
perangkat keluaran output device - proyektor

Proyektor : alat keluaran yang fungsinya sama seperti monitor, biasa digunakan untuk presentasi karna gambar yang dikeluarkan dipancarkan melalui cahaya yang langsung bisa dipancarkan ke dinding sehingga bisa diatur skalanya.

Baca pula : 
17 Perangkat Masukan / Input Device Komputer
18 Alat Pemroses / Process Device pada Komputer

Demikian artikel tentang Pengertian dan Macam-Macam Perangkat Alat Keluaran (Output Device) pada Komputer beserta fungsi dan gambarnya. Semoga bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Perangkat Keluaran (Output Device) pada Komputer"